Thursday 25 February 2016

PILIHAN - CHOOSE

Gue : Bang, nasi gorengnya satu yaaa.. 
Abang nasi goreng : pedes atau enggak neng?
Gue : *bilang dalam hati* pedes enak nih kayaknya.. hm tunggu kmrn gue makan pedes terus maag gue kabuh, kalo ntar maagnya kambuh lgi gimana.. tapi kalo gak pedes gak enak.. gimana dong ya.. 
-end- 

heeiii... welcome back It's Megan. *jengjengjeng* 
cuplkan percakapan diatas adalah salah satu contoh yg menunjukan bahwa hidup itu PILIHAN. pada sadarkan gais? dari hal apapun pasti kita akan melakukan kegiatan yang namanya MEMILIH. Nah tadi itu adalah contoh sederhananya, tapi ya masih ada hal yg lebih sederhana lgi yaitu BANGUN TIDUR. Apa yang kalian lakukan waktu bangun tidur itu adalah pilihan kalian sendiri kan? misalnya bangun tidur lu langsung mandi, mandi itu adalah hasil akhir yang lu dapatkan dari sekian banyak kegiatan yang ada, lu bisa aja memilih untuk makan dulu, olahraga dulu, main handphone dulu, minum air putih dulu, koprol dulu pokoknya up to youlah mau ngapain. Gak mungkinkan lu mandi karena mata lu yang membawa kekamar mandi. Kan horror. 


tapi saayangnya gak banyak orang yang sadar akan hal itu. Sedih sih karena masih banyak orang yang suka gak berani memilih dan bilang "pasrah ajalah sama keadaan", padahal pasrah sama keadaan itu juga adalah sebuah pilihan loo gais. 


pilihan terbesar didunia ini adalah memilih pasangan hidup, memilih pekerjaan, milih jurusan kuliah, etc. apa yang lu dapat sekarang ini gak mungkin karena lu diem aja kan? well, mungkin kita harus jelasin satu-satu definisi memilih dan pasrah. 

The first, PASRAH adalah sebuah keadaan dimana lu cuman diam dan menunggu keputusan dari orang yang lebih tinggi jabatannya dari lu. Well, itu artinya lu cuman DIAM, inget ya diam tanpa melakukan apapun. 
And then, MEMILIH adalah sebuah keadaan dmana lu berpikir keras meminta pendapat orang lain untuk mempertimbangkan dan akhirnya menentukan apa yang menurut lu sesuuai dengan keadaan saat itu. 


Sebagai seorang manusia yang normal kita selalu melakukan aktivitas yang namanya memilih kok. contoh yang sangat seerhananya lagi adalah memilih untuk mulai berjalan dengan kaki kanan dulu atau kiri dulu. Nah looo.. pilihan kan itu? 
But, kadang ada orang yang gak sadar kalo hidup ini banyak pilihan. Mereka masih seringkali menyalahkan keadaan. "lahh gimana keadaan yang buat gue jadi kayak gini". Pertanyaannya adalah "Heloooo... kenapa dulu lu milih melakukan hal ini bukan yang itu?". STOP! jangan ditangkap mentah-mentah omongan gue. Bukan berarti semua yang lu pilih sendiri itu akan menjadi hal yang tepat lo ya, tapi bukan berarti kegagalan itu sepenuhnya salah lu juga. "Gue udah milih tapi pilihannya salah.. bodohnya gue yang gak bisa milih kali ya"  dan lu akan terus-terusan buat menyalahkan diri sendiri. Plis, bukan gitu juga. Justru dengan gagal inilah harusnya macu lu buat berusaha lagi dan memikirkannya lebih matang lagi.


Nah dikondisi ini peran orang-orang disekitar lu termasuk Tuhan adalah peran penting dalam membantu lu mengambil keputusan yang berat.  
Gue bakal kasih lu tips gimana cara mengambil keputusan BERAT dan mengatasinya. (inget, keputusan BERAT, bukan keputusan ringan kayak jalan pakai kaki mana duluan. Kalo lu ngunain tips ini buat mengambil keputusan ringan seperti contoh tadi gue yakin lu bakal gila sendiri. hahahha) 
1. tentukan option untuk lu pilih. misalnya yang gampang ni, ketika lu mau milih PH (pasangan hidup) lu pasti punya orang sasaran kan. 
2. doakan pilihan itu. (dilakukan terus menerus)
3. tanya pendapat kepada orang-orang yang lu percaya. seperti : orang tua.
4. pertimbangkan pendapat mereka dan pendapat lu sendiri dan cari tahu kira-kira apa efeknya nanti.
5. mantapkan hati pikiran jiwa raga.
6. ketika udah mulai yakin sama satu opsi doakan terus.
7. kalo udah yakin selamat melakukan :)


Selamat buat kalian yang berhasil melakukannya dan mendapat dampak yang positif. (yeeee... tepuk tangan). nah, buat lu yang merasa mendapt dampak negatif coba koreksi lagi doakan lagi. It's ok kalo ternyata pilihan kalian salah, tapi menyesal bukanlah jalannya, gagal itu adalah cara buat lu belajar lebih keras dan menjadikan pengalaman buat kedepannya supaya gak jatuh dilubang yang sama. Makannya ada kalimat yang mengatakan "PENGALAMAN ADALAH GURU YANG TERBAIK" (yah itu pokoknya intinya). Semua orang pasti bakal gagal kok, tapi gak semua orang bisa memanfaatkan kegagalan itu menjadi pemacu kesuksesan. So, mau jadi apa lu nanti kedepannya itu lu yang milih lu yang usaha. 


buat menutup catetan hari ini ada quotes ni yang gue dapet dari temen gue. Sebelumnya gue makasih banget buat kalian yang udah sharing pengalaman kalian kegue yang akhirnya memunculkan ide buat menjadi bijak sejenak dengan menulis catetan ini hahahaha. supaya blog gue lebih berguna dikit. 

"Masa depan tidak sama dengan tempat yang kita tuju, mlainkan tempat yang kita ciptakan. Jalan menuju ke sana bukan ditemukan, tetapi dibuat, dan usaha membuatnya akan mengubah baik pembuatnya maupun arah tujuannya. -JOHN SCHAAR-"

I'm Megan say godbye syantiksss.....

No comments:

Post a Comment